Toulouse, Prancis (ANTARA News) - Tim nasional Wales untuk sementara memegang keunggulan 2-0 atas Rusia hingga babak pertama usai dalam laga penyisihan Grup B Piala Eropa 2016 di Stadion Municipal, Toulouse, Prancis, Selasa dini hari WIB.

Keunggulan Wales diperoleh berkat gol yang dicetak Aaron Ramsey pada menit 11 dan Neil Taylor pada menit 20.

Apabila kedudukan bertahan maka tim besutan Chris Coleman itu akan mengantongi enam poin dan berpeluang menjuarai Grup B jika di laga lain Inggris gagal menang atas Slowakia.

Sebaliknya bagi Rusia jika kedudukan bertahan maka mereka akan menyusul langkah Romania pulang kampung lebih awal.

Ramsey membuka keunggulan Wales pada menit 11 setelah gelandang Liverpool, Joe Allen, mengirimkan umpan terobosan nan matang yang dikejar gelandang Arsenal itu dengan berlari ke jantung pertahanan Rusia dan melepaskan sontekan yang sukses menaklukkan penjaga gawang Igor Akinfeev.

Wales tidak membutuhkan waktu lama untuk menggandakan keunggulan mereka pada menit 20 setelah sebuah inisiatif serangan yang diawali Gareth Bale membuat bola terbentur dan berada di jalur pergerakan Taylor yang lantas menusuk ke dalam, melepaskan sebuah tembakan yang masih bisa dihalau Akinfeev mesti tak sempurna dan bola muntah segera disambar bek Swansea itu.

Selama 45 menit pertama Rusia sebetulnya lebih mengendalikan bola, dengan memiliki 57 persen namun mereka tidak tajam ketika berhasil membawa bola ke lini depan, terlihat dengan hanya enam kali tembakan yang mereka lepaskan dengan dua di antaranya menemui sasaran.

Sebaliknya Wales berhasil menemui sasaran sebanyak sembilan kali dari 12 percobaan.

Pada menit 26 Rusia hampir mencetak gol balasan jika saja tembakan Artem Dzyuba tak mampu digagalkan penjaga gawang Wayne Hennessey.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Rusia (4-4-1-1): Igor Akinfeev (PG); Igor Smolnikov, Vasili Berezutski, Sergei Ignashevich, Dmitri Kombarov; Aleksandr Kokorin, Pavel Mamaev, Denis Glushakov, Fedor Smolov; Roman Shirokov; Artem Dzyuba
Pelatih: Leonid Slutsky

Wales (5-3-2): Wayne Hennessey (PG); Chris Gunter, James Chester, Ashley Wiliams, Ben Davies, Neil Taylor; Joe Allen, Joe Ledley, Aaron Ramsey; Sam Vokes, Gareth Bale
Pelatih: Chris Coleman

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016