Yogyakarta (ANTARA News) - Puluhan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta mengantre untuk memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga murah dalam operasi pasar Bulog yang digelar di depan kantor Disperindagkoptan Yogyakarta.

"Karena lokasi operasi pasar ada di kompleks balai kota, maka banyak pegawai yang kemudian memanfaatkannya. Meskipun demikian, warga yang kebetulan berada di balai kota juga bisa ikut membeli," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta Sri Harnani di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, kegiatan operasi pasar di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta tersebut merupakan kelanjutan dari pembukaan Toko Segoro Amarto yang dibuka oleh Bulog Yogyakarta di Pasar Beringharjo.

Jenis bahan kebutuhan pokok yang dijual melalui kegiatan operasi pasar tersebut juga tidak berbeda jauh dengan bahan kebutuhan pokok yang dijual di Toko Segoro Amarto yaitu beras, gula pasir, minyak goreng dan bawang merah.

Harga yang ditawarkan pun cukup murah yaitu Rp7.800 per kg untuk beras atau Rp39.000 untuk satu pak beras lima kilogram, gula pasir Rp12.500 per kilogram, bawang merah Rp20.000 per kilogram dan minyak goreng Rp12.000 per liter.

"Harganya memang lebih murah. Harapannya, banyak yang bisa memanfaatkan kegiatan operasi pasar ini untuk memenuhi kebutuhan," katanya.

Dalam kegiatan operasi pasar tersebut, Bulog menyediakan 200 kilogram beras, 48 liter minyak goreng, 500 kilogram gula pasir dan 50 kilogram bawang merah. Bahan kebutuhan pokok pun langsung ludes dan Bulog mendatangkan lagi sejumlah beras untuk memenuhi permintaan.

Selain di balai kota, Sri Harnani mengatakan, kegiatan operasi pasar juga digelar di kecamatan yang mengajukan permohonan ke Bulog. Sejumlah kecamatan yang akan menggelar operasi pasar di antaranya Ngampilan, Danurejan, Gedongtengen, Gondokusuman dan Umbulharjo.

"Komoditas yang dijual dalam operasi pasar di kecamatan juga sama. Ada empat jenis seperti saat ini," katanya.

Selama Ramadan, Bulog Yogyakarta menggelar sejumlah kegiatan operasi pasar di antaranya berada di lantai tiga Taman Parkir Abu Bakar Ali. Penyerapan setiap operasi pasar berbeda, namun rata-rata sekitar 90 persen terjual.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016