Jakarta (ANTARA News) - Zlatan Ibrahimovic sudah mengumumkan pensiun setelah Piala Eropa 2016 dan pertandingan melawan Belgia mungkin saja menjadi laga terakhirnya untuk Swedia.

Namun pemain yang mencetak 62 gol untuk negaranya dari 115 kali membela Swedia, ingin meneruskan petualangannya di Euro 2016 dengan membawa Swedia ke 16 Besar dengan mengalahkan Belgia pada pertandingan terakhir mereka di Grup E.

Belgia bisa mengamankan jalur ke 16 Besar jika menang dari tim asuhan Erik Hamren itu setelah sekali menang 3-0 melawan Irlandia di Bordeaux.

Belgia mendapatkan suntikan darah segara setelah Eden Hazard menepis kabar cedera, namun dia akan mengenakan pelindung agar tidak memperparah cederanya.

Swedia dikalahkan Italia 0-1 pada laga keduanya. Sebastian Larsson menginginkan Ibrahimovic mencapai kembali puncak permainannya setelah start lambat pada turnamen ini.

"Dia pemain utama kami yang mencetak gol lebih banyak dari pada siapa pun untuk Swedia. Saya yakin dia akan meningkat dengan sesuatu yang bagus Rabu ini," kata Larsson.

Belgia tidak bisa menjadi juara grup, sekalipun menang dari Swedia, karena kalah head-to-head dari Italia. Namun hasil seri saja sudah memastikan diri sebagai runner up grup. Kekalahan akan membuat Belgia berharapan dengan salah satu juara grup di 16 Besar.

Kabar tim

Gelandang Tottenham Mousa Dembele dan Yannick Ferreira Carrasco diragukan tampil namun sudah lolos tes kebugaran, sebaliknya Hazard harus tampil dengan pelindung cedera.

Thomas Vermaelen dan Jan Vertonghen sudah terkena kartu kuning, namun keduanya masih akan tetap dipasang sebagai starter Belgia.

Hasil selain menang akan menyingkirkan Swedia sehingga Hamren kemungkinan mengubah formasi serangannya dengan memasangkan bekas striker Manchester City John Guidetti dengan Ibrahimovic dalam starting line-up.

Erik Johansson bisa menggantikan Mikael Lustig di pertahanan setelah yang terakhir ini digantikan pada babak pertama ketika melawan Italia karena cedera.

Statistik

Swedia dan Belgia sudah bertemu 14 kali. Swedia menang lima kali, Belgia menang tujuh kali.

Keduanya baru sekali bertemu pada turnamen besar pada laga pembuka Euro 2000. Belgia, tuan rumah saat itu, menang 2-1 berkat gol Bart Goor dan Emile Mpenza.

Lukaku sudah mencetak enam gol pada enam penampilannya bersama Belgia.

Ibrahimovic belum melepaskan satu pun tendangan on target atau belum sekali pun merancang gol untuk Swedia pada dua pertandingan pertama Euro 2016.

Belgia tidak pernah seri pada sembilan laga terakhirnya dalam Piala Eropa, menang tiga kali dan kalah enak kali sejak seri 0-0 melawan Italia pada 1980.

Swedia kalah lima kali pada tujuh laga terakhirnya di Piala Eropa.

Setelah memenangkan pertandingan terakhirnya melawan Irlandia, Setan Merah berpeluang mencatat kemenangan berturut-turut pertamanya dalam Piala Eropa, demikian Sky Sports.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016