Jakarta (ANTARA News) - Terminal bus Pulogadung, Jakarta Timur, mulai membenahi dan melengkapi berbagai fasilitas untuk menghadapi mudik Lebaran dan arus balik 2016 ini.

"Kami siapkan posko kesehatan dan keamanan, ruang ibu menyusui, serta ruang istirahat sopir," kata Kepala Terminal Pulogadung Hengky Risakotta di Jakarta, Kamis.

Ruang istirahat pengemudi seluas 4x6 meter terletak di dekat terminal keberangkatan bus, sedangkan ruang ibu menyusui terletak di dekat pusat informasi.

Tidak hanya melakukan pembersihan dan penataan, Hengky dan timnya juga akan mengecat kedua ruangan tersebut dan melengkapinya dengan pendingan ruangan (AC).

Sementara itu, pos terpadu yang terdiri dari pos kesehatan umum, pos keamanan, dan pos petugas perhubungan didirikan di area parkir dekat terminal pemberangkatan.

Tenda panggung berukuran 12x6 meter itu juga digunakan untuk pemeriksaan kesehatan pemudik.

Sedangkan pos pemeriksaan kesehatan untuk sopir dan kondektur bus terletak di bagian belakang terminal, berdekatan dengan pos pemeriksaan kelaikan kendaraan.

Terminal Pulogadung melayani pemudik ke berbagai tujuan seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Nusa Tenggara Barat.

Di terminal tersebut tersedia 102 unit armada dari 86 perusahaan otobus (PO).

Hengky memprediksi puncak lonjakan penumpang terjadi pada H-3 Lebaran (3/7) sedangkan puncak arus balik akan terjadi pada H+5 (12/7).

Untuk mengantisipasi potensi penumpukan penumpang di terminal saat puncak arus mudik dan balik, Terminal Pulogadung bekerja sama dengan PO besar yang memiliki mobil cadangan.

"Berdasarkan pengalaman tahun lalu, tidak ada bus yang stop di sini bahkan kita pakai bus bantuan, potensi penumpukan penumpang sudah kami antisipasi," kata Hengky.

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016