Moskow (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menemui Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Jumat (1/7) untuk pertama kalinya sejak Moskow dan Ankara memperbaiki hubungan yang memburuk tahun lalu akibat penembakan sebuah pesawat militer Rusia.

Lavrov mengatakan kedua pihak ingin "menciptakan suasana yang tepat untuk normalisasi hubungan" dalam pertemuan di sela-sela konferensi kerja sama ekonomi regional di resort Laut Hitam, Sochi.

"Kami bisa bicara dengan Rusia untuk setiap isu, positif atau negatif, karena dialog yang terhenti sudah dimulai kembali dan hubungan kami kembali seperti dahulu," ujar Cavusoglu setelah pertemuan tersebut, dalam pernyataan yang disiarkan di televisi Turki.

Pertemuan itu berlangsung setelah Moskow pada Kamis mengakhiri larangan penjualan paket wisata ke Turki, sebagai langkah pertama untuk mengakhiri sanksi kepada Ankara setelah mereka menembak jatuh sebuah pesawat tempur Rusia di perbatasan Turki-Suriah pada November.

Terobosan diplomatik tersebut dilakukan pada Rabu dalam percakapan telepon pertama sejak insiden antara Presiden Vladimir Putin dan Recep Tayyip Erdogan setelah sang president Turki mengirimkan sebuah surat yang menurut Moskow berisi permintaan maaf.

Cavusoglu mengatakan Erdogan bisa terbang ke Sochi pada Agustus untuk pertemuan langsung dengan Putin, demikian seperti dikutip dari AFP. (mu) 

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016