Surabaya (ANTARA News) - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya menyiapkan sebanyak 87 titik lokasi Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah yang bertepatan dengan hari Rabu, 6 Juli 2016.

"Hampir di semua pimpinan cabang seluruh kecamatan di Surabaya menyelenggarakan Shalat Idul Fitri," ujar Sekretaris PD Muhammadiyah Kota Surabaya, M Arif An, ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa.

Sejumlah lokasi yang dijadikan tempat Shalat Id di Surabaya antara lain di Jalan Kombes Pol M. Duriyat, Jalan Blauran, Jalan Pahlawan, Lapangan Hokky Gubeng, Parkiran Samsat Manyar, Jalan Kapasan (depan pasar Kapasan), Lapangan Bangunsari, dan halaman JX Internasional Ekspo.

Berikutnya, Halaman Telkom Balas Klumprik, depan kantor kelurahan Sidotopo Wetan, halaman Masjid Al-Mukiminun Bulak Banteng, Raya Kedung Cowek akses Suramadu, Kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya, Gelora 10 Nopember dan beberapa lokasi lainnya.

Sejumlah imam dan khatib tidak hanya dari pengurus dan ulama Muhammadiyah Surabaya maupun Jawa Timur, namun juga dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Seperti di Lapangan Hokky menghadirkan Prof Dr Syafiq A. Mughni yang juga Pimpinan Pusat Muhammadiyah," ucap Ketua Karang Taruna Kota Surabaya tersebut.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan Maklumat NOMOR: 01/MLM/I.0/E/2016 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1437 Hijriah.

Dalam Maklumat penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, dan Sekretaris Umum Abdul Muti tersebut, Idul Fitri atau tanggal 1 Syawal 1437 Hijriah jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016.

Rinciannya, Ijtimak jelang Syawal 1437 H terjadi pada Senin kliwon, 4 Juli 2016 M pukul 18:03:20 WIB, tinggi bulan pada saat terbenam Matahari di Yogyakarta menghasilkan hilal belum wujud, dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam Matahari, Bulan berada di bawah ufuk.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016