Yogyakarta (ANTARA News) - Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir melepas ribuan peserta takbir keliling dari berbagai kecamatan di Halaman Masjid Gede Kauman, Yogyakarta, Selasa malam.

Dalam acara pelepasan takbir keliling bertajuk "Jogja Bersatu Dalam Takbir" yang diselenggarakan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Gondomanan, Kota Yogyakarta itu juga dihadiri sejumlah pengurus cabang Muhammadiyah Yogyakarta serta MUI DIY.

"Takbir keliling merupakan budaya Islam di Indonesia sekaligus sebagai sarana kita bersyiar dan berdakwah," kata Haedar.

Menurut dia, penyelenggaraan takbir keliling di Masjid Gede Kauman Yogyakarta memiliki makna spesial bagi umat Islam di Yogyakarta.

Melalui takbir keliling di masjid bersejarah itu, generasi muda Islam di Yogyakarta berupaya "napak tilas" atau mengenang jejak sejarah penyebaran Isam di Yogyakarta.

"Dari Masjid Besar Kauman inilah lahir sebuah pergerakan Islam yakni Muhammadiyah yang membawa umat Islam di Indonesia menjadi maju, modern, dan berperadaban," kata dia.

Haedar menilai takbir keliling bukan hanya sebagai ritual keagamaan semata, melainkan budaya positif yang dimiliki Indonesdia dan perlu terus dilestarikan.

"Dengan perayaan takbir keliling ini kita juga dapat menyambung silaturahmi sesama umat Islam dengan nuansa perdamaian sehingga dapat menangkal paham-paham terorisme," kata dia.

Peserta takbir keliling yang berjumlah 10.000 orang itu berasal dari berbagai kecamatan yang terdiri atas kelompok pegajian serta remaja masjid dari Gondomanan, Ngampilan, Wirobrajan, Umbulharjo, Kraton, Banguntapan, dan Gamping.

Sementara pawai takbir dengan membawa beragam replika tersebut menempuh rute dari pelataran Masjid Gede menuju Jalan Ibu Ruswo, Jalan Brigjend Katamso, Jalan Panembahan Senopati, dan Jalan KH. Ahmad Dahlan.

Ribuan warga Yogyakarta bercampur dengan wisatawan baik domestik maupun mancanegara tampak berjejalan di sisi kanan-kiri jalan menyaksikan pawai takbir keliling tersebut.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016