Jakarta (ANTARA News) - Jenazah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jumat siang.

Jenazah tiba di TPU Jeruk Purut pukul 13.00 WIB diiringi rombongan keluarga dan pelayat, setelah sebelumnya dishalatkan di Masjid Komplek Polri Pejaten, Jakarta Selatan.

Sesampainya di lokasi, jenazah Husni Kamil Manik segera diadzani sebelum dimasukkan ke liang lahat yang telah disiapkan di BLAD 52, kompleks TPU Jeruk Purut.

Isak tangis keluarga, terutama putri Husni, Aisyah, turut mengiringi pemakaman jenazah.

Sejumlah tokoh turut hadir dalam upacara pemakaman Husni antara lain Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Jimly Asshidiqqie, Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, dan ustadz Yusuf Mansur.

Husni Kamil Manik meninggal dunia karena sakit di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta, pada Kamis (7/7) sekitar pukul 21:10 WIB.

Ia meninggalkan seorang istri, Endang Mulyani, serta tiga anak yakni Afif, Abid, dan Aisyah.

Husni Kamil lahir di Medan, Sumatera Utara pada 18 Juli 1975 dan menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum sejak 12 April 2012.

Sebelumnya, dia merupakan komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat sejak tahun 2008.

Husni menempuh pendidikan dari SD hingga MTsN di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Setelah lulus dari MAN I Medan, ia masuk ke Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat pada tahun 1994.

Husni juga aktif di Nahdhatul Ulama dan menjabat sebagai Sekretaris Pimpinan Wilayah Nahdhatul Ulama Sumatera Barat periode 2010-2015.

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016