Bekasi (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Jasa Marga memprediksi puncak arus balik pemudik Lebaran 1437 H/2016 yang melintasi tol akan terjadi pada Minggu (10/7).

"Para pemudik itu akan kembali menuju Jakarta dan sekitarnya melewati Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jagorawi, dan Tol Jakarta-Tangerang," kata AVP Coporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso di Bekasi, Jumat.

Pertimbangan itu didasari atas habisnya masa cuti bersama para pekerja.

Menurut dia, pada puncak arus balik lonjakan kendaraan yang diperkirakan masuk dari jalur utara, tengah, selatan dan barat tersebut akan melintasi Gerbang Tol Cimanggis Utama Jalan Tol Jagorawi sebanyak 81 ribu lebih.

Sedangkan yang melintasi GT Karang Tengah Jalan Tol Jakarta-Tangerang sebanyak 99 ribu lebih.

"Lonjakan signifikan diperkirakan terjadi di GT Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu sebanyak 115 ribu lebih atau meningkat 52,05 persen kendaraan dibanding volume lalu lintas normal," katanya.

Heru mengatkana Jasa Marga telah membuat strategi antisipasi kepadatan kendaraan arus balik di antaranya, Melakukan buka tutup tempat istirahat di ruas tol Jakarta-Cikampek yakni tempat istirahan 62B, 52B, 42B dan di ruas tol Purbaleunyi 97B.

"Pengaturan lalu lintas di GT Cikarang Utama 2 dan 3 dengan mengarahkan kendaraan keluar GT Cikarang Barat 2 kemudian masuk menuju Jakarta melalui GT Cikarang Barat 4," katanya.

Heru bersam personelnya juga telah mempersiapkan strategi lawan arah atau contra flow di sekitar Tempat Istirahat KM 68+000 hingga 50+000 dan KM 44+800 dan 39+000 Jalur B arah Jakarta.

Kami juga akan mengintensifkan pengaturan lalu lintas kendaraan di KM 66 yang merupakan pertemuan arus dari Purbaleunyi dan arus dari Cikampek," ujarnya.

Heru mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati, gunakan jalur alternatif dan pastikan perbekalan makanan dan bahan bakar kendaraan cukup karena seluruh tempat peristirahatan akan diberlakukan buka tutup.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016