Langkat, Sumut, (ANTARA News) - Angin puting beliung yang datang secara tiba-tiba pada malam hari sekitar pukul 22.30 Wib, Selasa (13/7) merusak 124 rumah warga yang ada di Desa Tanjung Jati Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

"Ini berdasarkan pendataan sementara yang dilakukan oleh pihak desa dan dusun yang ada di Desa Tanjung Jati Kecamatan Binjai Langkat," kata Kordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kantor Sosial Langkat Akhyar yang dihubungi, Rabu pagi.

Dari 124 rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana angin puting beliung itu belum bisa diketahui secara pasti berapa yang rusak berat, sedang dan ringan, karena masih dilakukan pendataan oleh petugas baik dari Kecamatan, BPBD, maupun dari Kantor Sosial.

Selain merusak rumah warga, peristiwa angin puting beliung yang terjadi tadi malam itu juga menumbangkan puluhan pohon yang ada di badan jalan maupun juga di rumah-rumah penduduk.

Tiang-tiang listrik juga pada tumbang dan condong karena diterpa angin puting beliung. Masyarakat sedang berusaha untuk menghubungi instansi terkait lainnya seperti PLN untuk segera melakukan upaya memperbaiki listrik.

Camat Kecamatan Binjai Langkat Mahardika yang dihubungi membenarkan tentang bencana angin puting beliung yang melanda daerahnya.

"Petugas kita sedang melakukan pendataan di lapangan. Berdasarkan laporan yang kita terima sementara ini terdapat 124 rumah warga yang rusak dilanda angin puting beliung itu," katanya.

Pihaknya juga masih menunggu laporan anggota di lapangan menyangkut kerugian pada peristiwa itu.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016