Olahan itu sangat menjanjikan secara ekonomi dan didukung ketersediaan bahan baku yang melimpah."
Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong warga setempat terutama para istri dan kelaurga untuk berwirausaha olahan ikan laut.

"Usaha pengolahan ikan memiliki potensi untuk dapat menjadi sumber penghasilan alternatif baru bagi warga khususnya keluarga nelayan," kata kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendari, Agus Salin Safrullah di Kendari, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya senantiasa memberikan dorongan dalam bentuk pelatihan wirausaha yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lokal.

"Wirausaha bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup mereka, sehingga kami menganggap perlu memberikan bekal pendidikan dan pelatihan kewirausahaan," katanya.

Menurutnya, berbagai olahan ikan yang dikembangkan oleh warga dalam bentuk kelompok diantaranya abon ikan, krupuk ikan, ikan asap, ikan kering dan lain-lain.

"Olahan itu sangat menjanjikan secara ekonomi dan didukung ketersediaan bahan baku yang melimpah," katanya.

Dikatakan, tidak menutup kemungkinan bahwa produk yang dihasilkan bisa menjadi ikon daerah yang bisa menjadi daya tarik wisata yang pada akhirnya mendatangkan kesejahteraan masyarat.

Pewarta: Suparman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016