Koba (ANTARA News) - Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Hatta Ali, akan meninjau persiapan pembangunan Lapas kelas III di Kecamatan, Koba, Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Ketua MA RI akan ke Bangka Tengah dengan agenda menjau langsung persiapan pembangunan Lapas, namun jadwalnya belum pasti," kata Kajari Bangka Tengah, Dodhi Putra Alfian di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, agenda Ketua MA datang ke Bangka Tengah hanya untuk meninjau langsung persiapan pembangunan Lapas dan termasuk juga persiapan lahan dari pemerintah daerah.

"Kedatangan Ketua MA RI ini sebagai bentuk respon positif terhadap rencana pendirian Lapas dan Pengadilan Negeri Koba," ujarnya.

Ia menjelaskan, Lapas dan Pengadilan Negeri Koba tersebut rencananya akan dibangun pada 2017 karena lahan untuk pembangunan gedung sudah disediakan pemerintah daerah.

"Untuk pembangun Lapas disediakan lahan seluas lima hektare, demikian juga lahan untuk pembangunan Pengadilan Negeri Koba," ujarnya.

Ia menjelaskan, pembangunan Lapas dan Pengadilan Negeri Koba untuk memudahkan penyelesaian kasus hukum karena selama ini untuk persidangan dan penahanan masih dilakukan di Kabupaten Bangka.

"Pembangunan dua lembaga tersebut di Bangka Tengah sangat penting karena jumlah penghuni Lapas saat ini sudah over kapasitas, demikian juga dengan Pengadilan Negeri Koba karena selama ini untuk urusan persidangan harus ke Sungailiat, Bangka," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016