Bekasi akan restorasi Kampung Cina

Bekasi (ANTARA News) - Dinas Tata Kota Bekasi, Jawa Barat, berencana merestorasi Kampung Cina di kawasan pertokoan Proyek, Kecamatan Bekasi Timur.

"Kami akan merestorasi kawasan Proyek menjadi kota lamanya, yakni kawasan Kampung Cina dengan daya tarik budaya dan sejumlah ikon bangunan klasik," kata Kepala Dinas Tata Kota Bekasi Koswara, Senin.

Ia menjelaskan kawasan pertokoan Proyek pada masa lalu merupakan pusat kota yang kebanyakan penghuninya warga keturunan Tionghoa.

"Banyak berdiri bangunan dengan ornamen kebudayaan Cina yang kuat, di antaranya Klenteng Hok Lay Kiong Kiong dan bangunan tempat tinggal," katanya.

Ia mengatakan saat ini pemerintah kota sedang menggelar sayembara pembuatan rancangan tata ruang kawasan untuk pemulihan kembali Kampung Cina.

"Kami sedang menggelar sayembara untuk melibatkan masyarakat menentukan desainnya seperti apa," katanya.

"Kami menargetkan sayembara desainnya akan rampung tahun ini, jadi 2017 fisiknya sudah bisa dimulai," katanya.

Restorasi antara lain akan meliputi perbaikan eksterior bangunan dan ikon kawasan yang berpotensi menjadi tujuan wisata.

"Akan dibahas konsep pariwisatanya, apakah pertokoan atau pusat kuliner. Khusus untuk klenteng sekelilingnya akan dibagusin," katanya.

Ia menambahkan biaya proyek restorasi yang antara lain akan dilakukan di Jalan Ir H Djuanda dan Jalan Mayor Oking itu akan digalang pemerintah dari berbagai pihak, termasuk perusahaan swasta dan masyarakat.

"Tokoh-tokoh masyarakat juga akan kita libatkan dalam kegiatan itu sehingga hasilnya bisa sesuai dengan yang diharapkan," katanya.


Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar