Pamekasan (ANTARA News) - Rumah warga Pamekasan, Jawa Timur, Senin malam sekitar pukul 19.00 WIB terbakar akibat ledakan kompor gas.

Lokasi kejadian di Jalan Jokotole Gang 3 Kelurahan Baru Rambat Kota, RT 03, RW 04, atau sekitar 1 kilometer kearah timur Monumen Arek Lancor, Pamekasan.

"Rumah warga yang terbakar ini milik warga bernama Sutija," kata petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Hariyanto di lokasi kejadian.

Kejadian ini sempat mengejutkan warga sekitar. Beberapa orang perempuan bahkan sempat berteriak histeris, karena khawatir kobaran api semakin beras dan api menjalar ke rumahnya.

Namun dalam hitungan detik, warga sekitar langsung berhamburan, membawa air dan alat seadanya untuk memadamkam kobaran api.

Sebagian lainnya langsung menghubungi petugas keamanan dan petugas modil pemadam kebakaran. "Hanya sekitar 15 menit sudah bisa dikendalikan, dan satu jam kemudian sudah padam total," kata warga setempat, Heriyono.

Menurut Kepala BPBD Pemkab Pamekasan Akmalul Firdaus, rumah warga yang terbakar itu merupakan rumah kontrakan. Pemiliknya bernama Sutija sedangkan orang yang ngontrak bernama Musyarrofah.

"Perkiraan kerugian material sekitar Rp10 juta, sebab sebagian besar isi dapur hangus terbakar," katanya.

Firdaus selanjutnya mengimbau, agar warga hendaknya rutin melakukan pengecehan kompor gas milik, untuk mengantisipasi berbagai kejadian yang tidak diinginkan.

Hingga pukul 21.00 WIB sejumlah anggota TNI, polisi dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pemkab Pamekasan bersama warga masih terlihat di lokasi kejadian membantu membersihkan dapur dan sebagian bangunan rumah yang terbakar itu.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016