Saya akan ikut mendukung dan menyaksikan perjuangan atlet-atlet angkat besi kita, mudah-mudahan tradisi medali di Olimpade ini tetap berlanjut
Rio de Janeiro (ANTARA News) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat dan Binaraga seluruh Indonesia (PB PABBSI) Rosan P. Roeslani akan ikut mendampingi para lifter berlaga pada Olimpiade ke-31 di Rio de Janeiro, Brasil.

"Saya akan ikut mendukung dan menyaksikan perjuangan atlet-atlet angkat besi kita, mudah-mudahan tradisi medali di Olimpade ini tetap berlanjut," kata Rosan Roeslani ketika ditemui di Rio de Janeiro, Kamis malam.

Pertandingan cabang angkat besi Olimpiade 2016 yang diikuti lifter-lifter Indonesia akan berlangsung pada 6-11 Agustus di Riocentro, Rio de Janeiro.

Tim Indonesia sudah menetapkan kelas-kelas yang akan diikuti para lifternya, yakni pada kelompok putra Deni di kelas 77 kilogram, Triyatno dan I Ketut Ariana di kelas 69 kilogram, serta dan Eko Yuli Irawan dan Muhammad Hasbi di kelas 62 kilogram.

Sedangkan pada kelompok putri Dewi Safitri di kelas 53 kilogram dan Sri Wahyuni di kelas 48 kilogram.

Sri Wahyuni akan mengawali perjuangan tim angkat besi Indonesia pada Sabtu (6/8) atau sehari setelah acara pembukaan.

Cabang angkat besi merupakan salah satu andalan Indonesia untuk meraih medali pada Olimpiade.

Meskipun belum pernah menyumbang medali emas, para lifter Indonesia telah menunjukkan konsistensinya dengan raihan medali perak dan perunggu pada beberapa Olimpiade sebelumnya.

"Tradisi medali ini harus tetap dipertahankan atau ditingkatkan lagi. Kami juga akan membuat program-program berkelanjutan bagi para atlet," kata Rosan.

Pada Olimpiade London 2012 Indonesia berhasil meraih satu medali perak atas nama Triyatno, dan satu perunggu oleh Eko Yuli Irawan.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016