Rio de Janeiro (ANTARA News) - Kuartet perenang putri Australia yang diperkuat dua bersaudara Bronte dan Cate Campbell, mengalahkan Amerika Serikat dan Kanada untuk menjuarai estafet 4x100 meter gaya bebas putri dengan sekaligus menciptakan rekor dunia sehingga menyabet medali emas dari kolam renang Olimpiade Rio de Janeiro, Sabtu malam waktu setempat.

Dengan demikian keempat perenang putri Australia ini mempertahankan medali emas yang sudah mereka rebut empat tahun silam pada Olimpiade London.

Tim Australia yang dipimpin Emma McKeon dan Brittany Elmslie yang menjadi perenang kedua, mencatat waktu tiga menit 30,65 detik untuk mematahkan rekor dunia mereka sebelumnya 3:30.98 yang mereka ciptakan di Glasgow pada 2014.

Medali emas mereka bersanding dengan medali emas yang direbut Mack Horton pada 400m gaya bebas putra, sehingga Australia langsung merebut dua emas setelah kampanye berantakan pada Olimpiade London  2012.

Kuartet Australia berselisih 1,24 detik lebih cepat dari tim renang Amerika Serikat yang terdiri dari Simone Manuel, Abbey Weitzeil, Dana Vollmer dan Katie Ledecky.

AS sempat memimpin pada separuh lintasan namun Bronte Campbell menyusul Vollmer pada leg ketika dan kemudian memimpin lewat Cate Campbell yang bertarung keras dengan Ledecky.

Kuartet Kanada --Sandrine Mainville, Chantal Van Landeghem, Taylor Ruck dan Penelope Oleksiak-- meraih medali perunggu dengan menyisihkan Belanda yang diperkuat juara Olimpiade sebelumnya pada tiga nomor, Ranomi Kromowidjojo, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016