Rio de Janeiro (ANTARA News) - Perenang Australia Mack Horton memenangi 400m gaya bebas putra Olimpiade Rio Sabtu malam waktu setempat setelah menaklukkan perenang China yang juga juara Olimpiade sebelumnya Sun Yang. Gabriele Detti dari Italia merebut medali perunggu.

Horton (20) sempat berada di bawah bayang-bayang perenang Inggris James Guy dan Conor Dwyer dari Amerika Serikat, namun berada di depan setelah 300 meter pertama dan kemudian menyusul Sun pada 50 meter terakhir.

Perenang berusia 20 tahun itu tampil pada Olimpiade pertamanya dan juga akan turun pada nomor 1.500 meter gaya bebas putra dan estafet 4x200 gaya ganti putra.

"Sangat menyenangkan," kata dia seperti dikutip Reuters.

Sebaliknya juara Olimpiade London empat tahun silam, Sun, terlihat menangis. "Dari kemampuan saya, saya semestinya menjadi juara, saya sudah berlatih sangat keras," kata dia.

Sun merebut dua medali emas di London pada 2012 dan menjadi perenang putra China pertama yang menjadi juara Olimpiade.

Dia memiliki masalah di luar arena sejak selesai Olimpiade London dengan tiga bulan pernah dilarang tampil pada 2014 akibat positif doping dan dipenjarakan seminggu karena kecelakaan mobil saat dia tidak menggunakan SIM, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016