Malang, Jawa Timur (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menggagas perlunya membangun  boarding school di daerah perbatasan agar kualitas pendidikan di daerah itu tidak kalah dengan negara tetangganya.

"Selama ini pemerintah daerah di kawasan perbatasan belum menggarap masalah pendidikan ini dengan maksimal, sehingga perlu diambil alih pemerintah pusat, termasuk para pengajarnya. Untuk iu perlu dibangun semacam boarding school di daerah perbatasan tersebut," katanya di sela kunjungannya di Universitas Negeri Malang, Minggu.

Masalah pendidikan di daerah perbatasan menjadi bahasan pokok dalam diskusi antara Muhadjir dengan jajaran Rektorat Universitas Negeri Malang yang diwakili Wakil Rektor I Haryono.

Pada awalnya diskusi itu membahas mengenai Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan Terluar Dan Tertinggal (SM3T), Mendikbud minta Universitas Negeri Malang yang melibatkan Universitas Muhammadiyah Malang untuk membuat platform pendidikan ideal di Indonesia.

Haryono berjanji menindaklanjuti berbagai topik diskusi dan permintaan Mendikbud. "Untuk merealisasikan itu semua diperlukan konsep holistik. Namun, yang pasti UM akan membantu, termasuk gagasan full day school Senin hingga Jumat dan Sabtu libur," katanya.


Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016