Rio de Janeiro (ANTARA News) - Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC), Senin, mendesak para atlet untuk menunjukkan sikap saling menghormati satu sama lain, menyusul peristiwa adu mulut antara atlet renang.

Perenang Australia Mack Horton memicu keributan di setelah menyebut rivalnya Sun Yang curang dengan menggunakan obat-obatan terlarang sebelum mempermalukan bintang China itu pada akhir pekan.

Juru bicara IOC Mark Adams mengatakan bahwa organisasi tersebut mendorong kebebasan berbicara. Namun, dia mengatakan bahwa para pesaing memiliki hak untuk berkompetisi "secara damai" dan mengimbau para atlet untuk menunjukkan rasa hormat kepada satu sama lain.

"Jelas kami ingin mendorong kebebasan berbicara," katanya. "Tetapi di sisi lain tentunya, Olimpiade adalah tentang menghormati satu sama lain dan hak orang lain untuk berkompetisi," tambahnya.

Adams mengatakan bahwa IOC tidak berencana untuk mengambil tindakan terhadap perseteruan Horton dan Sun.

"Orang-orang mengatakan banyak hal setelah kompetisi dan mereka berhak mengatakan hal itu," katanya. "Saat ini kami tidak mendapat keluhan dari siapa pun dan tidak perlu membawanya lebih jauh lagi."  (kn)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016