Banjarmasin (ANTARA News) - Dalam rangka program BUMN hadir untuk negeri Kementerian BUMN bakal menggelar pasar murah berupa seribu paket sembako murah untuk warga kurang mampu di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Asdep Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Indriani Widiastuti di Banjarmasin Selasa mengatakan, pasar murah tersebut rencananya bakal digelar di depan Kodim Banjarmasin pada 14 Agustus 2016.

Menurut Indri, di pasar murah tersebut, pihaknya menyiapkan seribu paket dengan harga Rp125 ribu per paket, namun dijual dengan harga Rp25 ribu.

"Rencanaya, hasil penjualan dari sembako senilai Rp25 ribu per paket tersebut, akan disumbangkan untuk pembangunan tempat ibadah di Kalsel," katanya.

Program BUMN hadir untuk negeri, merupakan kegiatan tahunan, yang diselenggarakan memperingati HUT RI ke 71, yang akan gelar pada 14 Agustus 2016.

Bukan hanya sembako murah, beberapa kegiatan lainnya, juga bakal digelar untuk memeriahkan HUT RI antara lain adalah pameran produk usaha mitra binaan BUMN.

"Kita akan menyiapkan sekitar 20 stand untuk pameran berbagai produk dari mitra binaan perusahaan BUMN, saya harap bisa dimanfaatkan dengan baik," katanya.

Melalui pameran ini, diharapkan akan membantu pengusaha untuk mengenalkan berbagai produksinya, serta meningkatkan pemasaran dan promosi usahanya, bukan hanya di Kalsel tetapi juga ke luar daerah.

Beberapa kegiatan lainnya, tambah Indri, yaitu pemberian pendampingan usaha kepada beberapa atlet yang sudah pensiun, namun hingga kini belum mendapatkan pekerjaan tetap.

Mantan atlet tersebut, akan diberikan modal dan dibina hingga mampu mandiri, dalam menjalankan usahanya. "Saya harap, khusus program ini bisa sukses, sehingga tahun depan jumlahnya bisa ditambah," katanya.

Selain itu, juga diprogramkan pendampingan usaha bagi mantan narapidana, yang diharapkan juga akan membantu meningkatkan perekonomian keluarganya, dan bisa terlepas dari hal-hal yang melenceng dari nilai-nilai dan norma-norma sosial.

"Khusus pendamping usaha ini, akan kita berikan selama satu tahun, selama waktu itu, semoga mereka bisa menjalankan usahanya dengan baik," katanya.

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016