Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Menteri Basuki Hadimuljono dijadwalkan meninjau perkembangan Jalan Tol Brebes Timur atau dikenal dengan Brexit, Kamis (11/8).

"Pak Menteri PUPR, siang ini akan meninjau perkembangan Tol Brexit setelah sekitar sebulan, sejak selesainya angkutan lebaran 2016 yang sempat ramai beberapa waktu lalu," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Saleh Atmawidjaja menjawab pers di Jakarta, Kamis.

Endra menjelaskan, kunjungan ini dalam rangka mengetahui langkah antisipasi dan solusi apa yang disiapkan operator jalan tol agar kejadian serupa tak terulang.

"Perintah Presiden Jokowi satu yakni carikan solusi. Karena itu, kita hadir untuk mengecek hal itu," katanya.

Tidak hanya itu, katanya, Menteri PUPR ingin mengecek kepastian dan kesiapan ruas Tol Pejagan - Pemalang sekitar 57 km karena pembebasan lahannya sudah 100 persen.

"Jadi, tahun depan, saat lebaran ruas tol ini diperkirakan sudah bisa digunakan," katanya.

Endra juga menambahkan, pihaknya juga akan meninjau kondisi infrastruktur seperti daerah rawan macet di lintas sebidang kereta api di Slawi, Jawa Tengah.

"Kami ingin menyiapkan antisipasi agar kejadian Brexit yang menimbulkan korban jiwa ketika angkutan lebaran tak terjadi lagi. Karena itu, kami siapkan sejak dini," katanya.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016