Rio de Janeiro (ANTARA News) - Tuan rumah Brasil akhirnya menemukan bentuk permainan terbaik mereka untuk melaju ke perempat final turnamen sepak bola Olimpiade berkat kemenangan 4-0 atas Denmark pada Rabu, setelah juara bertahan Meksiko dan dua kali juara Argentina tersingkir.

Setelah bermain imbang tanpa gol pada dua pertandingan pertamanya, Brasil memerlukan kemenangan untuk menenangkan publik negara penggila sepak bola itu dan menjamin tempat di delapan besar, dan gol-gol di babak pertama dari Gabriel Barbosa dan Gabriel Jesus memberikan landasan sempurna.

Luan dan Barbosa menambahkan dua gol lagi pada babak kedua untuk membawa Brasil memuncaki klasemen Grup A dan pada Sabtu akan bertanding melawan sesama negara Amerika Selatan Kolombia.

Meski menelan kekalahan besar, Denmark melaju untuk menghadapi Nigeria setelah menyelesaikan putaran grup dengan menduduki peringkat kedua dengan koleksi empat angka, sedangkan Irak dan Afrika Selatan (Afsel) bermain imbang 1-1 pada pertandingan lain grup itu sehingga keduanya tersingkir.

Argentina, yang merupakan juara Olimpiade pada 2004 dan 2008, tersingkir setelah ditahan imbang 1-1 oleh Honduras di Grup D, sedangkan Portugal memuncaki klasemen dengan koleksi tujuh angka setelah bermain imbang 1-1 dengan Aljazair pada pertandingan lainnya.

Honduras meraih tiket kualifikasi kedua berkat keunggulan selisih gol atas Argentina, yang gagal mencetak gol penalti pada pertandingan mereka, di mana kedua tim mengakhiri fase grup dengan empat angka. Aljazair berada di posisi juru kunci setelah hanya mengantungi satu angka.

Jerman mengukir kemenangan besar, setelah memasukkan sepuluh gol ke gawang Fiji, dengan Nils Petersen mencetak lima gol dan Maximilian Meyer menambah tiga gol lagi ketika tim Eropa itu mengamuk saat melawan tim yang kemasukan 23 gol pada penampilan perdananya di Olimpiade.

Kemenangan 10-0 membawa Jerman menduduki peringkat kedua Grup C di atas Meksiko, yang tersingkir setelah gol Kwon Chang Hoon pada menit ke-77 membawa Korea Selatan (Korsel) menang 1-0.

Korsel finis dengan memuncaki grup dengan koleksi tujuh angka, unggul atas Jerman yang hanya mengumpulkan lima angka. Meksiko, yang mengalahkan Brasil untuk meraih medali emas di London empat tahun silam, tersingkir bersama dengan Fiji.

Korsel akan bermain melawan Honduras pada perempat final yang berlangsung Sabtu, sedangkan Jerman menghadapi juara Grup D Portugal.

Nigeria memuncaki klasemen Grup B, bahkan meski mereka kalah 0-2 dari Kolombia, yang finis di urutan kedua.

Dua pemain senior Kolombia menjadi pencetak gol -- Teofilo Gutierrez mengukir gol pertama pada menit keempat, dan Dorlan Pabon menggandakan keunggulan mereka dari titik penalti pada menit ke-63.

Jepang, yang menang 1-0 atas Swedia pada pertandingan, finis di peringkat ketiga grup ketika keduanya tersingkir, demikian dikutip di Reuters.

(Uu. H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016