Surabaya (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 8 Surabaya meluncurkan kereta api baru, Singosari Ekspress, yang akan melayani rute Surabaya Gubeng-Stasiun Malang dan mulai 19 Agustus.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko di Surabaya, Senin, berharap pengoperasian kereta itu bisa membantu memenuhi kebutuhan warga akan sarana transportasi umum yang aman, nyaman serta bebas kemacetan di jalan raya.

Gatut mengatakan kereta itu akan beroperasi setiap tiga hari sekali dalam sepekan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu, karena padatnya jalur Surabaya-Malang atau sebaliknya pada hari tersebut.

"Rangkaian KA Singosari Ekspess ini merupakan kereta idle dari KA Mutiara Selatan, dan terdiri dari lima kereta kelas bisnis dengan jumlah tempat duduk 320," katanya.

Harga tiketnya, menurut Gatut, Rp40 ribu untuk sekali jalan dengan waktu keberangkatan dari Surabaya Gubeng jam 09.55 WIB dan tiba di Stasiun Malang jam 12.01 WIB, serta kembali berangkat dari stasiun Malang jam 13.15 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng jam 15.14 WIB.

Selama perjalanan, kereta api ini akan berhenti di Stasiun Wonokromo, Sidoarjo, Bangil, dan Lawang.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016