Rio de Janeiro (ANTARA News) - Atlet dan ofisial kontingen Olimpiade Indonesia yang masih berada di Rio de Janeiro, Brazil, turut menghadiri upacara hari ulang tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan RI di kota tersebut, Rabu pagi waktu setempat.

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brasilia, Brazil, di halaman Pos Komando (Posko) Indonesia di kawasan perumahan Recreo dos Bandeirates, Rio de Janeiro.

KBRI Brasilia sengaja memindahkan tempat upacara ke Rio de Janeiro terkait Olimpiade di kota tersebut yang diikuti atlet-atlet Indonesia.

Di antara yang ikut upacara adalah atlet bulu tangkis Hendra Setiawan, M. Ahsan, Tommy Sugiarto,Lindaweni, Greysia Polii dan atlet lompat jauh Maria Londa.

Pebulu tangkis ganda campuran Ahmad Tontowi dan Liliyana Natsir tidak ikut dalam upacara tersebut karena siang hari waktu setempat harus tampil pada pertandingan final.

Dubes RI untuk Brazil Toto Riyanto menjadi Inspektur Upacara yang berjalan hikmat tersebut, sedangkan Atase Pertahanan RI Untuk Brazil Kol (Pnb) Budhi Achmadi sebagai komandan upacara.

Selain atlet dan ofisial kontingen Indonesia, serta staf KBRI, upacara tersebut juga dihadiri Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir, Ketua Satlak Prima Ahmad Sucipto dan dan sejumlah perwakilan masyarakat Indonesia di Brazil.

Seusai upacara, sebagian bear pesrta langsung menuju arena bulu tangkis Riocentro, untuk menyaksikan Tontowi dan Liliyana yang bertanding melawan pasangan Malaysia dalam perebuta emas ganda campuran.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016