Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia memutuskan Kongres PSSI yang akan digelar pada 17 Oktober 2016 di Makassar, Sulawesi Selatan diharapkan menjadi tonggak sejarah dan prestasi PSSI, kata Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto atau yang akrab disapa Danny Pomanto.

Danny menyambut baik dan siap menggelar kongres yang akan mengagendakan pemilihan ketum, waketum, dan exco PSSI periode mendatang. Kesiapan itu ditunjukkan dengan adanya sejumlah hotel yang mampu menampung ribuan orang, keanekaragaman makanan, keamanan hingga sejarah Makassar yang merupakan salah satu barometer sepakbola Indonesia.

"Hotel di Makassar bukan pertama kali menggelar kongres. Bahkan sudah beberapa kali menggelar event tingkat internasional sehingga pilihan PSSI untuk kongres sangat tepat dan bijak," katanya melalui keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu.

Walikota Makassar menambahkan, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang mampu menampung 8 hingga 10 juta penumpang per tahun,  akan menyambut kedatangan peserta Kongres PSSI pada 17 Oktober 2016.

Walikota juga berharap Kongres PSSI di Makassar akan menjadi sejarah dan moment kebangkitan PSSI di dunia internasional, karena seluruh prestasi atlet sangat ditentukan oleh organisasi.

"Makassar akan menjadi sejarah dan menjadi moment kebangkitan pssi di dunia ini. Kongres ini adalah tonggak sejarah baru bagi pssi dan prestasi pssi yang baru," ujarnya.

Sebelumnya, komunitas dan assosiasi sepakbola di Sulawesi Utara mendukung dan menyambut gembira Kongres Biasa (Pemilihan) PSSI digelar pada 17 Oktober mendatang di kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua Asprov PSSI Sulut Jackson Kumaat menyatakan optimis, Makassar akan sukses menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan Konggres PSSI, karena merupakan salah satu kota yang memiliki sejarah sepakbola dan animo masyarakat terhadap sepakbola yang sangat tinggi.

"Kami dukung penuh Makassar sebagai tuan rumah. Yakin sukses sebagai Kota bola dan fanatik terhadap sepakbola nasional," tegas Jackson.

PSSI pada Kamis (11/8/2016), melalui Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Hinca Panjaitan, menyatakan bahwa KLB PSSI bakal digelar pada 17 Oktober 2016 di Makassar.

Untuk para bakal calon yang ingin maju ke pemilihan, Komite Pemilihan (KP) membuka pendaftaran dari 22 Agustus sampai 5 September 2016. Setelah tahapan awal ini, Komite Pemilihan melakukan verifikasi selama seminggu dari 5 September sampai 11 September 2016.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016