Ini merupakan kunjungan balasan yang dilakukan delegasi Indonesia. Tahun lalu Wakil Menteri Komunikasi dan Media Massa Rusia Volin A.K datang ke Jakarta,"
Moskow (ANTARA News) - Delegasi Indonesia mengadakan kunjungan lima hari ke Moskow, Rusia sebagai bagian dari lini kedua diplomasi untuk meningkatkan dan mempererat kerja sama di bidang komunikasi, informasi, dan media.

"Ini merupakan kunjungan balasan yang dilakukan delegasi Indonesia. Tahun lalu Wakil Menteri Komunikasi dan Media Massa Rusia Volin A.K datang ke Jakarta," kata Salamatta Sembiring, Direktur Layanan Informasi Internasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, kepada Antara di Moskow, Rabu.

Ketika berkunjung ke Indonesia, Volin membawa sejumlah pengusaha di bidang media dan menyampaikan keinginan mereka meningkatkan kerja sama, kata dia.

Sembiring mengatakan dalam rombongan Indonesia juga turut seorang pejabat dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan lima wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik termasuk dari LKBN Antara.

Selama kunjungan, delegasi yang dipimpin DR Henry Subyakto, staf ahli bidang media dan sosial budaya Kementerian Komunikasi dan Informasi bertemu dengan Volin A.K, Duta Besar RI untuk Rusia M. Wahid Supriyadi dan pimpinan media massa antara lain Rossiyskaya Gazeta, Rossiya Segodya, TV Russia Today.

Dalam pertemuan-pertemuan tersebut, kedua pihak menyampaikan perkembangan terkini di masing-masing negara di bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan media. Sejauh ini keduanya sedang memproses sebuah kesepakatan pemahaman (MoU) yang akan dijadikan landasan untuk kerja sama ke depan.

Sejauh ini, LKBN Antara telah menandatangani MOU dengan Sputnik News Agency yang berada di bawah "The Federal State Unitary Enterprise Rossiya Segodnya International Information Agency" pada tahun 2015.

Sembiring mengharapkan institusi-institusi media di Indonesia dapat bekerja sama dengan mitra-mitra mereka di Rusia untuk meningkatkan dan mempererat hubungan dan kerja sama antara Indonesia dan Rusia.

Hubungan diplomatik Indonesia-Rusia secara resmi dibuka pada 3 Februari 1950. Dalam perkembangannya hubungan Indonesia-Uni Soviet/Rusia mengalami pasang surut.

Memasuki abad ke-21 hubungan bilateral Indonesia-Rusia mengalami perkembangan yang signifikan sejak penandatangan "Deklarasi tentang Kerangka Hubungan Persahabatan dan Kemitraan antara Republik Indonesia dan Federasi Rusia dalam Abad ke-21.

Pewarta: Mohammad Anthoni
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016