Mekkah (ANTARA News) - Kepala Seksi Perlindungan Jamaah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kerja Mekkah Watgirun Tupan Towinangun mengimbau jamaah mengantisipasi dan mewaspadai kemungkinan adanya penyusup di pemondokan.

"Untuk mengantisipasi penyusupan jamaah harus solid dan saling mengenal satu sama lain sehingga tahu jika ada penyusup," kata Watgirun di Kantor Daerah Kerja Mekkah seusai apel Jumat pagi.

Ia merujuk pada kasus yang terjadi di sektor delapan Daerah Kerja Mekkah dimana petugas perlindungan jamaah mendapati empat orang yang berpakaian ihram menyusup saat kedatangan jamaah Embarkasi Solo.

Demi keamanan, sebelumnya jamaah telah diimbau tidak menerima tamu di kamar hotel, dan disarankan menemui kerabat yang berkunjung di lobi hotel.

Watgirun juga mengimbau jamaah tidak melakukan swafoto di fasilitas-fasilitas strategis Arab Saudi dan tempat-tempat yang tidak boleh digunakan untuk berfoto.

"Ini untuk menghindari berurusan dengan aparat," katanya.

Hingga Jumat sekitar 12 kelompok terbang jamaah haji Indonesia telah tiba di Mekkah dan menempati pemondokan yang tersebar di daerah Aziziah, Sisyah, Misfalah, Mahbas Jin, Raudhah, dan Jarwal.

Pewarta: Gusti NC Aryani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016