GBLA telah disetting untuk pembukaan PON 2016

GBLA telah disetting untuk pembukaan PON 2016

Maskot PON 2016 (ANTARA News/Sapto Heru Purnomojoyo)

Bandung (ANTARA News) - Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung dalam tahap setting area untuk Upacara Pembukaan PON XIX/2016 Jabar sehingga rencana penggunaan stadion itu untuk pertandingan Persib melawan Arema (27/8) akan mempengaruhi proses persiapan perhelatan itu.

"Saat ini stadion itu sudah dalam setting untuk upacara pembukaan PON XIX/2016 Jabar, bahkan beberapa peralatan sudah berada dan terpasang di Stadion GBLA," kata Sekretaris Umum PB PON XIX/2016 Jabar Ahmad Hadadi di Bandung, Sabtu.

Ia menyebutkan, saat ini persiapan opening PON sebenarnya sudah dimulai termasuk pemasangan peralatan di beberapa tempat. Tentu sangat terganggu apabila Persib menggunakan Stadion GBLA karena sudah membawa equipment yang sangat banyak ke Stadion GBLA.

Di sisi lain Persib Bandung berharap bisa menggunakan stadion itu untuk lanjutan pertandingan Kompetisi Indonesian Soccer Championships (ISC) 2016 melawan Arema Cronous Malang.

Ahmad Hadadi menyebutkan, pihaknya mengaku sudah memberikan surat edaran dan sudah tertulis dalam MoU agar seluruh venue untuk penyelenggaraan PON XIX/2016 Jabar tidak dipergunakan dalam jangka waktu persiapan PON.

"Jadi mohon dengan hormat, sehubungan PON itu sudah tinggal beberapa hari lagi, kami akan melakukan persiapan-persiapan. Memang ada kegiatan test venue itu untuk PON namun dari sisi penontonnya juga masih bisa terkendali. Sehingga tidak akan mengganggu venue lainnya," katanya.

Hal itu berbeda dengan pertandingan Persib melawan Arema yang diperkirakan melibatkan penonton sangat banyak. Di sisi lain sejumlah peralatan untuk persiapan upacara pembukaan PON sudah terpasang di stadion itu.

"Kami mohon kelapangdadaan Persib dan berbagai pihak terkait," kata Hadadi.

Ia mengaku Ahmad cukup paham dengan keinginan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil agar laga Persib kontra Arema di Stadion GBLA dijadikan sebagai bahan simulasi sebelum digunakan PON.

"Tapi persoalannya kami sudah membawa banyak peralatan, dan ada perbaikan-perbaikan juga. Di sisi lain persiapannya untuk upacara pembukaan PON bukan untuk menggelar sepak bola," katanya.

Sementara itu Ketua Bidang Upacara PB PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jabar, Nunung Sobari membenarkan saat ini beberapa peralatan untuk menunjang acara pembukaan dan penutupan PON XIX/2016 Jabar sudah berada di Stadion GBLA.

"Beberapa backstage atau tenda-tenda di belakang panggung sudah terpasang, belum lagi beberapa lintasan sudah tertutup termasuk rumput lapangan," katanya.

Ia menyebutkan Bidang Upacara PB PON XIX/2016 Jabar sudah setting dan proses izinnya sudah beberapa bulan yang lalu ke pengelola GBLA. Ia persiapan yang telah dilakukan terganggu. Terlebih pelaksanaan PON XIX/2016 hanya tinggal menyisakan kurang dari satu bulan lamanya.

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar