Barcelona (ANTARA News) - Juara bertahan Barcelona menjalani ujian berat Liga Spanyol di San Mames yang diguyur hujan pada Minggu, dengan menang 1-0 atas Athletic Bilbao berkat tandukan Ivan Rakitic di babak pertama.

Sementara itu Las Palmas menang besar 5-1 atas Granada dan memuncaki klasemen dengan koleksi enam angka dari dua pertandingan, mengungguli Barca dan Real Madrid.

Juara bertahan Liga Europa Sevilla ditahan imbang tanpa gol di markas Villarreal.

Gelandang Kroasia Rakitic menyambar umpan silang Arda Turan lalu menyelesaikan gerakan sapuan yang dimulai oleh Luis Suarez sekaligus mengusir rasa gugup tim tamu termasuk kiper Marc-Andre ter Stegen yang sempat memberikan bola di areanya sendiri.

Pasukan Luis Enrique nyaris harus menyesali kegagalan mereka memanfaatkan sejumlah peluang ketika pemain Bilbao Raul Garcia melepaskan tembakan melebar, dan Iker Muniain memohon penalti namun diabaikan wasit.

"Saya senang dengan hasil saat melawan tim sekuat ini," kata Luis Enrique pada konferensi pers.

"Kami dapat menutup pertandingan lebih awal namun ini adalah penampilan bagus, dan tiga angka yang layak didapat."

Luis Enrique menyadari bahwa lawatan ke San Mames selalu merupakan salah satu pertandingan tandang yang berat bagi Barca, dan meski mereka terlihat nyaman pada awal pertandingan, mereka mulai terlihat kesulitan dengan tekanan dan agresifitas Bilbao.

Ter Stegen membuat tim tamu cemas ketika ia memainkan bola langsung ke Benat Etxebarria, namun sang kiper dapat menghalau tembakan gelandang itu dan juga pada kesempatan lainnya melakukan penyelamatan terhadap upaya Aritz Aduriz dan Benat.

Gaya yang beresiko
Jordi Alba membela gaya beresiko kiper Jerman itu, dengan berkata, "Saya berharap semua kiper seperti dia, ia yang terbaik di dunia dengan bola di kakinya, ia adalah kiper kami saat ini dan akan seperti itu untuk tahun-tahun mendatang."

Kegelisahan Barca ditenangkan pada menit ke-21 ketika Rakitic tidak terkawal di kotak penalti, dan menyambar umpan silang Turan ke sudut gawang.

Pemain internasional Turki Turan menyia-nyiakan peluang untuk menggandakan keunggulan sebelum turun minum, salah menyepak bola di tiang dekat, yang pertama dari serangkaian peluang yang tidak mampu dimaksimalkan sang juara bertahan.

Messi mulai membuat dampak pada babak kedua setelah relatif tidak menonjol pada babak pertama, namun ia dua kali melepaskan sepakan tidak akurat.

Suarez yang biasanya tajam juga menjalani malam yang membuat frustrasi di depan gawang, gagal mengonversi peluang-peluang termudah, mengambil ancang-ancang tembakan terlalu lama dan melihat tembakannya dapat disapu di garis gawang.

Las Palmas menindak lanjuti kemenangan 4-2 mereka di markas Valencia pada pekan lalu dengan penampilan dominan saat melawan Granada, di mana Nabil El Zhar mengemas dua gol dalam kemenangan 5-1 tersebut.

Gelandang Kevin-Prince Boateng mencetak gol kedua dari dua pertandingan berturut-turut setelah didatangkan Las Palmas dari AC Milan, dan mendedikasikan golnya untuk para korban gempa bumi pekan lalu di Italia yang menewaskan setidaknya 290 orang.

"Saya terlompat dari kursi saya saat gol itu terjadi karena kualitas serangan balik, tembakan dan karena... Ia melakukan dengan hati," kata pelatih Quique Setien.

Pada pertandingan lain yang dimainkan pada Minggu, Alaves bermain imbang tanpa gol dengan tamunya Sporting Gijon.

(Uu.SYS/C/H-RF/C/B012)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016