Solo (ANTARA News) - Persis pada laga terakhirnya tidak mampu memenuhi ambisinya raih tiga poin setelah ditahan imbang melawan Persibas Banyumas 2-2 dalam pertandingan lanjutan Indonesia Soccer Championship B 2016 di Stadion Manahan Solo, Minggu petang.

Persis yang menjamu Persibas dengan disaksikan sekitar 5.000-an penonton pendukung kedua kesebelasan bermain seru karena kedua tim mengeluarkan penampilan terbaik yang bisa menghibur masyarakat pencinta sepak bola.

Persis yang ingin mengakhir dengan memberikan hiburan segar bagi pendukungnya di kompetisi ISC pada babak pertama langsung menyerang ke pertahanan lawan. Bayu Andra dan kawan-kawan mampu menciptakan peluang menit kedua melalui sundulan kepala pemain beknya Yudi Khoirudin, tetapi bola tipis keluar disamping kanan gawang Persibas sehingga belum mengubah kedudukan tetap 0-0.

Namun, Persis justru kebobolan lebih dahulu menit 17 melalui tendangan keras kaki, Bilton Fernando sehingga mengubah kedudukan menjadi ketingga 0-1 untuk Persibas.

Persibas yang unggul satu gol memotivasi timnya lebih berani ermain terbuka untuk menekan pertahanan tim tuan rumah. Persibas sebelumnya memang banyak menumpuk pemain dibelakang dan mengandalkan serangan balik cepat.

Persis yang ketinggalan atas Persibas tidak henti-hentinya melakukan telakan, tetapi Dedi Cahyono, Tinton Suharto dam Andrid Wibowo belum mampu menyamakan kedudukan. Persis ketinggalan 0-1 ini tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Persis memasuki babak kedua memasuki pemain striker Yanuar Ruspuspito dan menarik keluar bayu Andra untuk bisa mempertajam lini depan yang masih sulit menembus pertahanan Persibas.

Namun, Persis justru kebobolan lagi pada menit 56 melalui tendangan keras Ibrahim Ibnu Annas sehingga mengubah kedudukan menjadi 0-2.

Persis yang ketinggalan gol bangkit meningkatkan tempo permainan untuk mengejar kekalahan. Persis akhir menit 58 mempu memperkecil kekalahan melalui tendangan Tinton Suharto setelah memanfaatkan umpan silang yang dilakukan oleh Yanuar Ruspuspito , sehingga kedudukan menjadi 1-2

Persis kembali mencetak gol kedua dan menyamakan kedudukan menit 86 melalui sundulan kepala Yanuar setelah memanfaatkan tendangqn sudut yang dilakukan oleh Agung Budi, sehingga kedudukan menjadi imbang 2-2.

Kedudukan 2-2 ini, Wasit yang memimpin pertandingan apara Persis melawan Persibas, Hendrik Candra, meniup panjang tanda babak kedua telah usai. Wasit juga mengeluarkan tiga kartu kuning untuk Yulianto (Persibas), Akbar Riansyah, da Risman Maidullah (Persis).

Pelatih Persibas Banyumas Gatot Bernowo mengatakan permainan antara Persis melawan Persibas berlangsung baik, karena keduanya menampilkan permainan yang enak ditonton.

Namun, Persibas sayang sudah unggul dua gol karena kesalahan pemainnya dua gol balasan tuan rumah membuyarkan harapan untuk meraih tiga poin penuh di kandang lawan.

"Anak-anak sudah bermain bagus, tetapi karena mereka merasa sudah menang meremehkan lawan dan Persis bermain menekan mampu menyamakan kedudukan menadi 2-2," kata Gatot.

Pelatih Persis Solo Widyantoro mengatakan pihaknya memintah maaf kepada masyarakat Solo belum mampu mengatakan tim kesayangannya bisa lolos ke babak 16 besar ISC.

"Kami memang sengaja babak pertama tidak menurunkan pemain striker, tetapi babak kedua tiga pemain depan diturunkan dan berhasil mampu menyamakan kedudukan," katanya.

Persis yang bermain imbang lawan Persibas ini, hanya mampu menduduki peringkat lima dari tujuh tim yang ada di grup 3, sedangkan pertama PSCS Cilacap dan disusul PSGC Ciamis.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016