Jakarta (ANTARA News) - Pemain Manchester United Wayne Rooney menjadi pemain non penjaga gawang paling sering membela Timnas Inggris manakala dia menjadi kapten pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Slowakia Minggu malam WIB ini.

Rooney mengemban cap ke-116 bersama Timnas Inggris pada laga perdana Sam Allardyce menukangi Inggris hari ini sehingga membuat dia berada di depan bekas bintang David Beckham.

Hanya penjaga gawang Peter Shilton, dengan 125 cap, yang satu-satunya di atas dia, namun Rooney yang akan mundur dari timnas setelah Piala Dunia 2018 mengaku hanya peduli pada kemenangan.

"Saya kira itu selalu yang penting dan merupakan kehormatan mewakili negara Anda," kata dia kepada wartawan. "Menjadi yang kedua paling sering adalah hebat namun ini menyangkut tim, tentang mendapatkan tiga poin."

"Saya yakin suatu hari di masa depan saya akan menoleh ke belakang, namun untuk saat ini saya hanya menatap pertandingan dan tidak ada yang lain."

Rooney menambahkan, "Saya sudah bilang berulang kali bahwa saya orang yang bangga bermain untuk Inggris. Saya sudah begitu sejak saya ada di tim, dan motivasi saya saat ini sama dengan hari itu."

Pemain berusia 30 tahun itu pertama kali memperkuat Timnas Inggris ketika menjadi pemain pengganti dalam laga persahabatan melawan Australia pada Februari 2003 dalam usia 17 tahun 111 hari, demikian laman ESPN.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016