Kupang (ANTARA News) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya pada Selasa di Kupang, resmi melepas kontingen atlet daerah itu untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat.

Pelaksanaan PON XIX 2016 Jabar akan dibuka Presiden RI Joko Widodo pada 17 Sepember 2016, dan akan ditutup Wapres Jusuf Kalla pada 29 September 2016.

"Seluruh persiapan keberangkatan kontingen atlet NTT ke PON XIX di Bandung, Jawa Barat sudah dipersiapkan secara matang," kata Ketua Kontingen NTT Andre Koreh.

Andre berharap, dukungan doa masyarakat NTT untuk keberhasilan para atlet NTT di PON XIX 2016.

"PON menjadi kulminasi dan ajang tertinggi dalam pesta olahraga amatir di Indonesia. Gengsi olahraga multievent ini akan terjawab di arena PON karena semua prestasi, gengsi dan harga diri daerah dipertaruhkan," katanya.

Menurut dia, seluruh persiapan atlet NTT sudah dilaksanakan dengan baik.

Dia menambahkan, tagline NTT Emas menuju PON XIX Jabar merupakan motivasi bagi atlet NTT, untuk mempersembahkan yang terbaik bagi rakyat NTT.

"Kita harus sehati sesuara, saling bahu membahu dan sama sama berusaha dalam segala keterbatasan untuk mengharumkan NTT lewat olahraga di PON XIX 2016 ," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTT itu.

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada PON 2016 di Jabar mengirim atlet untuk bertanding pada 12 cabang olahraga.

Ke-12 cabang olahraga tersebut terdiri dari delapan cabang olahraga yang dibiayai APBD NTT dan empat cabang olahraga atas biaya sendiri.

Cabor yang dibiayai APBD NTT itu adalah Kempo, Tinju, Atletik, Taek Kwondo, Pencak Silat, Karate, Sepak Takraw dan Tarung Derajat.

Sementara empat cabang olahraga yang mengikuti Pra PON dengan biaya sendiri antara lain, Criket dan Bina Raga.

Dia menambahkan, 12 cabang olahraga (cabor) akan berlaga pada 53 nomor (kelas) dengan 76 orang atlet dan 38 tim manager serta pelatih.

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016