Bandung (ANTARA News) - Tim hoki indoor Papua mengamankan kans merebut medali perunggu setelah dalam lanjutan pertandingan cabang hoki indoor pada PON XIX/Jawa Barat, tim mutiara hitam itu menumbangkan Jawa Tengah 6-4, di Bandung, Minggu.

Dengan raihan tersebut, tim Papua menempati peringkat ketiga dengan delapan poin yang berhasil dikumpulkan dalam lima pertandingan terakhirnya, tertinggal dari dua grand finalis DKI Jakarta dan tuan rumah Jawa Barat yang masing-masing berhasil mengumpulkan 13 poin.

Kendati demikian, posisi tersebut belum aman pasalnya di bawah Papua bertengger tiga tim dengan perolehan poin yang sama yaitu DI Yogyakarta, Banten, dan Papua Barat.

Tim Papua akan menghadapi laga menentukan pada hari berikutnya, Senin (19/9), kala menghadapi Papua Barat yang hari ini mampu menumbangkan DI Yogyakarta dengan skor tipis 4-3.

"Pertandingan besok kami akan berusaha maksimal untuk menjaga kans kami dan berharap dari tren positif yang mulai kembali datang, kendati calon lawan kami juga mendapat hasil bagus hari ini, kami akan tidak gentar dan akan bermain all out," kata pelatih tim hoki indoor Papua, Leo Tanasale.

Papua memiliki keuntungan karena memiliki selisih gol yang lebih tinggi dibanding tiga pesaing untuk mendapatkan medali perunggu lainnya yakni plus tiga.

Sementara itu, tim Banten juga memiliki peluang untuk mendapatkan medali perunggu dengan finis di peringkat empat besar pada gelaran PON ke XIX ini yang akan menghadapi tim Jawa Tengah pada Senin mendatang (19/9).

Sedangkan tim DI Yogyakarta akan menghadapi lawan tangguh di pertandingan pamungkasnya yakni menghadapi pemuncak klasemen DKI Jakarta. DIY yang kini menempati peringkat keempat dalam klasemen, harus mendapatkan kemenangan untuk mengamankan posisinya agar tidak tersusul Banten.

Selain medali emas dan perak yang akan ditentukan oleh pertandingan grand final antara posisi satu dan dua di klasemen, medali perunggu akan diberikan pada posisi tiga dan empat di klasemen.

Dari informasi panitia pelaksana hoki indoor, untuk klasemen sementara hingga hari keenam gelaran hoki indoor putra pada gelaran PON XIX ini adalah sebagai berikut:

Provinsi M M S K P + -
DKI 5 4 1 0 13 17 4
Jawa Barat   6 4 1 1 13 15 8
Papua 5 2 2 1 8 17 14
DIY 5 2 0 3 6 14 14
Banten 5 2 0 3 6 10 10
Papua Barat 5 2 0 3 6 10 20
Jawa Tengah 5 0 0 5 0 8 21

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016