Bandung (ANTARA News) - Ricky Anggawijaya dari Jawa Barat memecahkan rekor PON gaya ganti perorangan putra 400 meter di kolam renang UPI Bandung, Minggu, dengan menyisihkan rekan satu timnya A. Fadlan.

Ricky mencatat waktu 4 menit 30,67 detik, satu detik lebih cepat dari rekor PON 2012 yang dipegang Akbar Nasution. Fadlan meraih medali perak setelah mencatat waktu 4 menit 34,70 detik, sedangkan perenang Jawa Timur Muhamad Hamgari mencatat waktu 4 menit 40,66 detik untuk meraih medali perunggu.

"Saya tidak menyangka akan mendapatkan medali emas, saya hanya berusaha untuk maksimal dan yakin. Tidak ada target hanya ikutin aja lomba," kata Ricky.

Pada gaya ganti perorangan putri 400 meter putri Azzahra Permatahani dari Riau juga mencetak rekor PON  4 menit 54,88 detik sehingga menumbangkan rekor lama yang sudah 23 tahun dipegang Elsa Mayori Nasution pada PON 1993 pada 5 menit 01,67 detik.

Azzahra merebut medali emas pada nomor ini, sedangkan medali perak menjadi milik atlet Jawa Timur Ressa Kania Dewi dan perunggu untuk perenang Jawa Barat Monalisa Lorenza.


Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016