Bandung (ANTARA News) - Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat ini merupakan PON terakhir bagi atlet wushu putri Sumatera Utara Lindswell Kwok.

"Ini menjadi PON terakhir bagi saya karena faktor usia yang mempengaruhi kemampuan fisik saya," kata Lindswell usai pertandingan di GOR Pajajaran Bandung, Senin.

Menurut atlet berusia 24 tahun itu, pada PON XIX/2020 usia dirinya akan mendekati 30 tahun yang tentunya akan berpengaruh dari segi fisik.

"Dalam empat tahun terakhir ini saya sudah meraih banyak prestasi dan usia saya empat tahun ke depan sudah hampir 30 tahun," katanya.

"Kalau untuk pertandingan internasional nanti akan saya lihat kondisi fisik saya," ujar perempuan kelahiran Binjai, Sumatera Utara, 24 September 1991 itu.

Di Asian Games 2010 Guangzhou, Tiongkok, Lindswell gagal meraih medali tetapi pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan 2014, ia berhasil menyumbangkan medali perak untuk Indonesia.

Dan pada keikutsertaan terakhirnya di ajang empat tahunan ini, Lindswell berhasilkan menorehkan medali emas sekaligus emas PON pertamanya sepanjang karier.

"Ini merupakan medali emas pertama di PON karena saya tiga kali PON baru kali ini meraih emas," kata Lindswell yang berhasil menyabet emas PON XIX/2016 Jawa Barat di nomor taijiquan dan taijijian putri.

Ia mengatakan, dua medali emas tersebut dipersembahkan untuk keluarga, pelatih, pengurus wushu, dan teman-temannya.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016