Bandar Lampung (ANTARA News) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Zulkifli Hasan mendorong mahasiswa untuk memajukan bangsa dan negara.

"Kalau adik-adik tidak mempersiapkan diri dengan baik, di era demokrasi seperti ini, ingat kata Bung Karno, kita bisa jadi kuli di negeri orang atau kuli di negeri sendiri," kata Zulkifli saat memberi sambutan Diskusi Kebangsaan: Reformulasi Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dengan model GBHN di IAIN Radin Intan, Bandar Lampung, Rabu (21/9).

Kampus, lanjut Zulkifli, merupakan tempat untuk menyiapkan sumber daya manusia demi mempersiapkan bangsa yang besar dan maju di mana pun berada.

"Kampus untuk menyiapkan sumber daya manusia kita. Mampu melahirkan invention, innovation dan discovery," kata Zulkifli.

Mengutip ilmuwan politik Francis Fukuyama, Zulkifli menekankan hal terpenting yang mendorong kemajuan bangsa adalah kepercayaan, baik antar rakyat maupun rakyat dengan pemerintah.

"Kalau ada trust, akan maju. Kalau tidak, akan begitu-begitu saja," kata dia.

Ia berharap demokrasi yang sekarang berlangsung di Tanah Air diimbangi dengan demokrasi ekonomi agar menimbulkan kebaikan untuk bangsa.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016