Padang (ANTARA News) - Ero Tour and Travel dari Sumatera Barat terpilih sebagai biro perjalanan wisata terbaik pada ajang kompetisi wisata halal nasional 2016 yang digelar Kementerian Pariwisata.

"Saya tidak menyangka Ero Tour akan terpilih, namun saya berbahagia karena dapat membawa nama Sumbar dalam ajang ini," kata Kepala Ero Tour and Travel Sumbar Ian Hanafiah saat dihubungi dari Padang, Rabu malam.

Ero Tour merupakan salah satu Tour and Travel yang besar di Sumbar karena menawarkan paket wisata bervariasi dan sesuai dengan selera konsumen.

Tentang wisata halal, kata Ian, pengunjung datang sebenarnya bukan karena biro perjalanannya namun karena destinasi.

Oleh sebab itu, Ero Tour menawarkan paket perjalanan wisata yang sesuai dengan kehendak konsumen.

"Jika mereka mau ibadah tepat waktu dalam perjalanan, kami akan atur dan kenyamanan wisatawan merupakan modal awal bagi kami," ujarnya.

Perhatian kebutuhan wisatawan, katanya merupakan prioritas yang tidak bisa diganggu gugat sebab ketika kebutuhan wisatawan tidak terpenuhi maka kepercayaan mereka akan hilang.

Ia menyebutkan, untuk paket wisata halal yang ditawarkan oleh biro perjalanannya yaitu dengan semua fasilitas yang halal, seperti hotel yang sudah lengkap dengan tempat ibadah dan jelas arah kiblat untuk beribadah.

"Kemudian hal yang paling diperhatikan adalah makanan halal, dan itu merupakan permintaan utama dari wisatawan muslim yang datang ke Sumbar," tambah dia.

Lebih lanjut Ian menyebutkan, wisatawan muslim yang datang ke Sumbar di dominasi oleh wisatawan dari Timur Tengah dan Malaysia.

"Sekarang dari wisatawan domestik juga sudah banyak yang datang ke Sumbar, seperti Jakarta dan mereka juga meminta paket wisata halal," ucap dia.

Ian mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Sumbar yang sudah mendukungya dalam kompetisi tersebut.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengajak masyarakat daerah itu untuk memberikan suara (vote) pada website https://www.surveymonkey.com/r/pariwisatahalal2016 agar daerah itu menjadi destinasi wisata halal terbaik di Indonesia.

Sumbar masuk dalam beberapa nominasi wisata halal ini, yaitu kategori airport ramah wisatawan muslim terbaik untuk Bandara Internasional Minangkabau, hotel keluarga ramah wisatawan muslim terbaik Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Hotel Hang Tuah, Padang, Rocky Plaza Hotel Padang, dan Sofyan Inn Rangkayo Basa, Padang.

Kemudian, biro perjalanan wisata halal terbaik diwakili Ero Tour, Sumbar, destinasi bulan madu ramah wisatawan muslim terbaik diwakili Danau Maninjau, destinasi wisata halal terbaik, destinasi kuliner halal terbaik.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016