Jakarta (ANTARA News) - Pasangan bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang hari ini mendaftar dan memenuhi syarat pendaftaran untuk mengikuti pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2017 akan menjalani tes kesehatan besok.

"Mulai besok pagi, pukul 06.30 WIB mereka sudah harus stand by di RS TNI AL Mintohardjo untuk pemeriksaan kesehatan. Jadi akan ada medical check up secara keseluruhan untuk pasangan-pasangan calon," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI Jakarta Sumarno di Jakarta, Jumat.

Pada hari berikutnya, pasangan calon peserta pemilihan kepala daerah akan menjalani pemeriksaan psikologis di Rumah Sakit Angkatan Laut Mintohardjo dan pemeriksaan narkoba di Badan Narkotika Nasional (BNN) di Cawang.

"Pemeriksaan psikologi di tempat yang sama. Sore harinya langsung ke BNN di Cawang untuk melakukan pemeriksaan bebas narkoba. Selain urin, darah, juga rambut," kata Sumarno.

Saat ini baru pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat yang sudah mendaftar ke KPU DKI Jakarta.

Koalisi Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Kebangkitan Bangsa mengusung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan kepala daerah 2017. Namun keduanya sampai siang ini belum mendaftarkan diri ke KPU DKI Jakarta.

Sementara Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera sampai sekarang belum mengumumkan bakal calon yang akan diusung. 

"Ada sejumlah konfirmasi, hari akan akan datang sehabis solat Jumat. Kemungkinan dua pasang calon. Kalau di Cikeas sudah jelas, sementara Gerindra dan PKS kita belum tahu," kata Sumarno.

Ia menambahkan KPU DKI Jakarta akan mengumumkan pengundian nomor urut calon pada 25 Oktober.



Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016