Banda Aceh (ANTARA News) - Enam pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Aceh mulai menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh, Sabtu.

Calon peserta pemilihan kepala daerah Aceh pada 15 Februari 2017 antara lain meliputi Zaini Abdullah dan Nasaruddin, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, dan Zakaria Saman dan T Alaidinsyah.

Pasangan lainnya adalah Muzakir Manaf dan TA Khalid, Abdullah Puteh dan Sayed Mustafa serta Tarmizi A Karim dan T Machsalmina Ali.

Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Basri M Sabi di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan dua hari pada hari ini dan Minggu (25/9).

"Pemeriksaan melibatkan sejumlah dokter spesialis dari Ikatan Dokter Indonesia," kata Basri.

Selain menjalani pemeriksaan kesehatan fisik dan psikologis, para peserta juga akan menjalani pemeriksaan narkoba.

"Jika ada calon yang positif narkoba, maka pencalonannya digugurkan. Tes narkoba ini berlapis, mulai urine, darah, hingga pemeriksaan rambut," kata Basri.

Selain pada pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan juga diikuti lebih dari seratus calon bupati/wali kota dan wakilnya.

"Pemeriksaan bersamaan ini karena di Aceh digelar pilkada serentak antara provinsi dengan pilkada di 20 dari 23 kabupaten/kota," kata Basri.

Pewarta: M Haris SA
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016