Makassar (ANTARA News) - Ajang spesial berupaya Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang sebelumnya telah digelar di Makassar, kini kembali siap dilaksanakan namun dengan konsep "Workshop Design Thinking" di STMIK Kharisma Makassar, Sulawesi Selatan, 28-29 September 2016.

"Untuk kali ini, Road to Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital akan menghadirkan kegiatan workshop Design Thinking untuk para pelaku startup di Makassar," kata Panitia Pelaksana, Fajar Assaad di Makassar, Selasa.

Design Thinking atau Design Sprint merupakan sebuah metode brainstorming dari Google Ventures yang bisa digunakan dalam merencanakan suatu program yang bisa membantu menyelesaikan masalah.

Design Thinking selalu dimulai dengan mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar, kemudian akan difokuskan pada satu masalah yang ingin dipecahkan bersama-sama. Metode ini tidak menganut budaya brainstroming yang kerap digunakan untuk mengungkapkan berbagai ide.

Selain membantu menciptakan program yang berguna, menggunakan Design Thinking dapat menghemat waktu dan biaya.

Terdapat lima tahapan yang terdapat dalam Design Thinking yang dimulai dari tahap understand, tahap diverge dilanjutkan dengan tahap decide dan terakhir adalah tahap prototype.

Dalam acara talkshow ini juga menghadirkan sejumlah sumber yang berkompeten diantaranya Ahyar Muawwal (CEO WASDLABS.com), Guntur Sarwohadi (Mentor Innovative Academy), Irfandy Thalib (Founder MakassarEvent.com), Faisal Jabir (CEO Nusabrain.com).

Selanjutnya Hilman Ramadhan yang merupakan Founder SekolahKoding.com serta Rahmat Ramadhan selaku CEO Next-imagination.com.

"Tidak lupa yang paling spesial dan akan hadir sprint master Yohan Totting yang akan memberikan ilmunya kepada para peserta," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016