Bandung (ANTARA News) - Tim tuan rumah Jawa Barat berhasil mempertahankan gelar juara basket putra PON XIX/2016 setelah di partai puncak mengalahkan Jawa Timur 62-49 (35-41) di GOR Citra Arena Bandung, Rabu.

Sementara di bagian putri, Jawa Tengah juga tidak menemui banyak kesulitan untuk menaklukan tim DKI Jakarta 52-46 dan mempertahankan gelar juara.

Disaksikan sekitar 7000 penonton di stadion yang hanya berkapasitas 5000 orang itu, termasuk Wagub Jawa Barat Deddy Mizwar, Jawa Timur hanya mampu memberikan perlawanan pada babak pertama.

Pada awal kuarter pertama, perebutan angka masih ketat karena tuan rumah yang mendapat dukungan penuh penonton, hanya unggul satu angka saat kedudukan 18-17.

Perlawanan ketat Jawa Timur masih berlanjut pada kuarter kedua karena mampu menahan laju tuan rumah dengan selisih keunggulan tidak lebih dari empat angka.

Memasuki kuarter ketiga, tuan rumah Jawa Barat yang diasuh pelatih Ricky Gunawan, secara perlahan namun pasti mulai memperbesar jarak melalui lemparan-lemparan tiga angka.

Meski berbagai strategi sudah dilakukan, Jawa Timur tetap tidak mampu mengejar ketinggalan dan akhirnya harus mengakui ketangguhan tuan rumah dengan skor akhir 49-62.

Berbeda dengan final putra, final di bagian putri antara Jawa Tengah dan DKI Jakarta berlangsung lebih ketat meski dominasi juara bertahan tidak mampu dibendung DKI Jakarta.

Sampai dua menit terakhir, DKI Jakarta mampu memperkecil ketinggalan menjadi hanya dua angka saat kedudukan 46-48.

Tapi beberapa kesalahan yang dilakukan oleh tim Ibukota tersebut membuat Jawa Tengah sudah tidak terkejar untuk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 52-46.

Sebelum pertandingan final untuk merebut medali emas, juga dilangsungkan pertandingan untuk memperebutkan medali perunggu.

Tim putra Papua akhirnya berhasil mendapatkan medali perunggu setelah mengalahkan Jawa Tengah 64-58, sementara putri Jawa Timur menaklukkan Jawa Barat 66-46.

Berikut hasil akhir cabang bola basket PON 2016 yang berakhir Rabu:

Final putra: Jawa Barat vs Jawa Timur 62-49

Final putri: Jawa Tengah vs DKI Jakarta 52-46

Perebutan perunggu putra: Papua vs Jawa Tengah 64-58

Perebutan perunggu putri: Jawa Timur vs Jawa Barat 66-45



Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016