Sleman (ANTARA News) - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan siap melakukan pengamanan pelaksanaan Kongres Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober pekan depan.

"Jika memang Kongres PSSI digelar di Yogyakarta, maka kami siap untuk melakukan pengamanan kegiatan tersebut," kata Kepala Polda Daerah Istimewa Yogyakarta Brigadir Jendral Polisi Prasta Wahyu Hidayat, Selasa.

Menurut dia, saat ini pihaknya masih menunggu surat resmi kepastian penyelenggaraan Kongres PSSI di Yogyakarta, mengingat isu yang beredar Kongres PSSI akan digelar di Makassar.

"Saat ini belum ada kepastian Kongres PSSI akan diselenggarakan dimana. Memang Pemerintah melalui Mentri Pemuda dan Olahraga merekomendasikan penyelenggaraan Kongres PSSI dilangsungkan di Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan, sampai saat ini pihaknya juga belum menerima surat perintah untuk pengamanan Kongres PSSI dari Markas Besar Polri.

"Kami masih menunggu surat perintah dari Mabes Polri. Namun pada intinya kami siap melakukan pengamanan penyelenggaraan Kongres PSSI jika digelar di Yogyakarta," katanya.

Prasta mengatakan, pada prinsipnya jajaran Polda DIY selalu siap melakukan pengamanan kepada masyarakat dan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di wilayah hukum Polda DIY.

"Kami itu ada tidak ada acara tetap siap. Sementara ini kami belum menerima kabar dari Mabes Polri terkait pengamanan Kongres PSSI, tapi jika diminta kami tetap siap," katanya.

Sebelum Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian saat menghadiri kegiatan Simposium Internasional Kejahatan Perikanan di Yogyakarta Senin (10/10), menyebutkan bahwa Polda DIY harus siap melakukan pengamanan penyelenggaraan Kongres PSSI di Yogyakarta sesuai dengan surat dari Mentri Pemuda dan Olahraga.

"Permintaan dari Menpora, surat resmi sudah kami terima. Tentu kami melihat pemerintah, jika minta di Yogyakarta kami akan berikan surat ke Yogyakarta," kata Tito Karnavian.

Menurut dia, pihaknya akan mencoba berkomunikasi dengan PSSI dan Menpora agar ada kesepakatan diantara keduanya terkait tempat pelaksanaan Kongres PSSI.

"Kami tetap akan mengeluarkan izin penyelenggaraan Kongres PSSI di Yogyakarta, sesuai rekomendasi Menpora," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016