Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan Fraksi Golkar MPR Deding Ishak mengatakan bahwa sejauh ini Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sudah benar dalam menyosialisasikan Empat Pilar, hanya saja memerlukan sejumlah koreksi agar lebih keren agar bisa semakin diterima generasi muda.

“Generasi muda juga membutuhkan ketauladanan, agar bisa menerima Pancasila, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini penting untuk segera dilakukan, agar keberadaan Pancasila tidak semakin jauh atau malah ditinggalkan,” katanya dalam keterangan tertulis MPR, Selasa.

Deding berharap bahwa jangan sampai nilai-nilai yang baik pada Pancasila malah digantikan ideologi lain dari luar yang belum jelas kegunaannya. Sementara Pancasila sendiri, terbukti mampu mengawal bangsa Indonesia.

Era globalisasi, menurut dia, sangat mengancam eksistensi identitas, ideologi dan budaya bangsa. Apalagi, peperangan kini bukan lagi berbentuk  perang fisik, melainkan nilai-nilai luhur. 

"Pancasila adalah ideologi yang hidup, Pancasila juga menjadi dasar dan ideologi bangsa. Karena itu kita harus menunjukkan kerennnya pancasila sebagai ideologi, dasar negara, dan nilai-nilai luhur bangsa,” ujarnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016