Medan (ANTARA News) - Atlet difabel atletik andalan Sumatera Utara Alan Satra Ginting bertekad memecahkan rekor pribadinya pada Pekan Paralimpik Nasional XV/2016 di Jawa Barat.

"Saya punya target pribadi untuk memecahkan rekor baru, khususnya di nomor lempar cakram. Karena sampai saat ini rekor nasional masih saya pegang. Terakhir, rekor saya di Peparnas 2012 untuk lempar cakram adalah 40,21 meter," kata Alan yang dihubungi dari Medan, Kamis.

Tidak hanya lempar cakram, pria dengan kecacatan less Authress itu juga masih merupakan pemegang rekor nasional untuk nomor lempar lembing (36, 27 meter) dan tolak peluru (10,15 meter) hingga kejurnas 2015.

Atlet peraih tiga medali emas Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2012 Riau itu pun bertekad mempertahankan raihan medali sebelumnya.

"Target saya pribadi selain ingin pecahkan rekor sendiri, minimal saya bisa kembali mempertahankan raihan medali di Peparnas kemarin," katanya.

Atlet yang juga menjabat sebagai Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumut itu akan bermain di tiga nomor yakni lempar cakram, lembing, dan tolak peluru.

Alan memang masih menjadi andalan utama bagi Sumut untuk mendulang medali, mengingat berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional yang pernah diraihnya.

Ia berhasil meraih medali emas pada nomor lempar cakram sejak Perpanas 2004, 2008, dan 2012 yang ketika itu masih menggunakan istilah Porcanas.

Bahkan di kejuaraan ASEAN Paragames, ia juga masih menjadi yang terbaik dengan meraih emas empat kali secara beruntun (Paragames 2009, 2011, 2013, dan 2015).

"Memang Peparnas 2012 adalah puncak prestasi saya. Karena persiapan di Riau saya bisa lebih fokus untuk latihan saja. Kemungkinan ini adalah Peparnas terakhir saya. Saya ingin fokus untuk membenahi kepengurusan NPC Sumut," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016