Kupang, NTT (ANTARA News) - Tim gabungan Badan SAR Nasional di Kupang berhasil menyelamatkan 142 penumpang KM Dharma Kencana VII yang tenggelam, Jumat malam (14/10), di Perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kepala SAR Kupang, I Ketut Gede Ardana, di Kupang, Minggu malam, mengatakan,  "Tugas Basarnas sudah berhasil mengevakuasi seluruh penumpang dalam keadaan selamat, operasi SAR dinyatakan selesai. Jadi totalnya 178 orang yang berhasil diselamatkan."

Kapal penyeberangan rute Maumere-Labuan Bajo-Surabaya tenggelam saat menabrak batu karang dalam pelayaran menuju Surabaya, Jumat malam.

Selain membawa 142 penumpang yang berhasil diselamatkan, kapal itu juga membawa kurang lebih 40 kendaraan, terdiri 30 truk besar, enam mobil, dan empat sepeda motor yang semuanya tenggelam bersama KM Dharma Kencana.

Sejumlah penumpang, lanjut Ardana, saat ini masih dirawat di rumah sakit terdekat, sebelum dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

Sementara itu Kepala Perusahaan Umum Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Cabang Kupang, Arnoldus, mengatakan, "Kapalnya saat ini masih berada di dasar laut, dan belum tahu kapan akan ditarik keluar, sebab masih menunggu informasi selanjutnya."

"Saya belum tahu akan diangkat atau tetap dibiarkan di dasar laut. Tetapi kapal itu diasuransikan jadi selanjutnya urusan asuransi," katanya.

Ia juga berterimakasih kepada SAR serta sejumlah pihak yang telah membantu menyelamatkan para penumpang yang berada di atas kapal penyeberangan itu.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016