Bandung (ANTARA News) - Jawa Barat meraih emas pertama cabang bulu tangkis beregu putra Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jabar setelah mengalahkan Jawa Tengah 2-0 pada final di GOR Lodaya Kota Bandung, Selasa.

Jawa Tengah sebagai runner up berhak atas medali perak, sedangkan medali perunggu bersama diraih oleh Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Kemenangan Jabar diraih dari tunggal pertama Hary Susanto yang mengalahkan andalan Jateng Fredy Setyawan melalui pertandingan tiga set.

Emas Jabar dipastikan oleh kemenangan ganda Ukum/Hafizh yang mengalahkan ganda Jawa Tengah dengan sekor 21-12, 21-9.

Pada pertandingan yang disaksikan oleh istri Gubernur Jabar Ny Netty Prasetyani Heryawan itu, para atlet Jabar tampil percaya diri.

"Saya senang bisa menyumbangkan medali emas bagi Jabar. Lawan saya pada final Ferdy jauh lebih muda, saya sempat terkuras di babak kedua, namun bersyukur bisa meraih set penentuan," kata Hary.

Menurut dia, kekalahannya pada set kedua karena ia hilang konsentrasi sehingga menguntungkan lawan, namun ia bangkit dan kembali meraih kemenangan para perpanjangan set.

Berbeda dengan ganda Jabar yang tampil mendominasi, dan tidak memberikan kesempatan bagi ganda Jateng untuk bangkit. Pengamanan Ukum/Hafizh yang pernah bertemu dan menang lawan pasangan Jateng membuatnya lebih percaya diri.

"Kami sudah tampil maksimal dan memang yakin menang. Kami sudah mempelajari kelemahan lawan karena pernah bertemu sebelumnya," kata Ukum.

Tim bulutangkis Jabar mendapat pengalungan medali emas dari Netty Heryawan yang menyaksikan perjuangan mereka sejak partai pertama itu.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016