Bandung (ANTARA News) - Ketua Umum PB Peparnas XV/2016 Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menuturkan dari hari pertama hingga hari ketujuh pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah Perpanas berjalan lancar tanpa ada masalah yang berarti. Kita layani peserta dan kontingen dengan baik sejauh ini," kata Ahmad Heryawan saat menyaksikan pertandingan cabang olahraga renang Peparnas XV/2016 di kolam renang FPOK UPI Bandung, Jumat.

Ia menuturkan PB Peparnas XV sudah berupaya seoptimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para atlet dan kontingen yang berlaga di ajang tersebut.

"Dalam sejumlah hal (di Peparnas) ini bahkan kita melebihi, seperti kita sediakan penginapan dan kendaraan khusus untuk mereka. Kita harus sampai pada puncak penghormatan pada manusia, khususnya teman-teman disabilitas/difabel," kata dia.

Ia mengaku kaget karena suasana pertandingan cabang olahraga renang Peparnas XV jauh lebih meriah dibandingkan dengan PON XIX/2016 Jawa Barat.

"Saya tadi ikut UPP (upacara penghormatan pemenang), luar biasa meriah tadi bahkan sampai-sampai si pemenang itu diiringi oleh penari longser dan rampak gendang di sisi kolam saat dikalungi medali," kata Aher.

Pada kesempatan tersebut, Aher yang juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan semangat kepada atlet dan kontingen renang tuan rumah Jawa Barat Peparnas XV/2016, di ruang tunggu atlet.

Kedatangan Aher ditemani pelatih renang kontingen renang Peparnas Jabar Utin Kurnaedi dan Putri Indonesia Jawa Barat yang juga duta Disabilitas 2016, Evan Lysandra, langsung disambut oleh para atlet renang.

"Gimana kabarnya, pada sehat kan, sudah berapa medali nih," ujar Aher bertanya kepada para atlet.

Ia kaget ketika mendengarkan jawaban para atlet dan pelatih karena sampai Jumat siang, tuan rumah Jabar sudah mengumpul 27 medali emas.

"Wah, keren, melebihi target ya. Targetnya tadi kata pelatih 18 emas ya untuk renang," kata Aher.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016