Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta mengumumkan penetapan pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2012 pada 24 Oktober 2016 di Balai Sudirman Jakarta pukul 16.00 WIB.

"Sampai kemarin (Kamis, 20/10), kami sudah mendapat konfirmasi, bahwa ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta akan hadir dalam penetapan itu dan penetapan akan dilaksanakan di Balai Sudirman mulai pukul 16.00 WIB," kata Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno dalam konferensi pers di Kantor KPU DKI Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan setelah melakukan pendafataran terakhir pada 23 September yang lalu, KPU DKI Jakarta melakukan verifikasi terhadap berkas pencalonan dan berkas syarat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

"Setelah melakukan verifikasi pertama sesaat setelah ketiga pasangan calon itu mendaftar kemudian dilanjutkan dengan verifikasi kedua terkait dengan perbaikan syarat calon, KPU sudah menyelesaikan verifikasi itu dan telah menyampaikan hasilnya kepada setiap pasangan calon," tuturnya.

Sementara itu, pada Selasa (25/10), KPU DKI Jakarta akan menyelenggarakan pengundian nomor urut dari setiap pasangan calon yang baru saja ditetapkan pada Senin (24/10).

"Pengundian nomor urut akan dilakukan di Jakarta International Expo Kemayoran dan akan dimulai pada pukul 18.30 WIB," kata Sumarno.

Menurut dia, tiga pasangan calon memastikan akan hadir dalam pengundian nomor urut karena memang pengundian nomir urut itu harus diambil oleh masing-masing pasangan calon dan tidak bisa diwakilkan kepada timnya.

"Pengambilan nomor urut nanti akan menjadi identitas dari setiap pasangan calon mulai dari mereka melakukan kampanye atau ketika saat KPU mencetak surat suara yang disertai foto dan nama setiap pasangan calon tersebut," tuturnya.

Dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta, ada tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yaitu Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura, dan Partai Nasdem.

Pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang diusung Koalisi Cikeas terdiri dari Partai Demokrat, PKB, PPP, dan PAN. Lalu pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS. 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016