Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan melantik dan memandu pengambilan sumpah atau janji tiga anggota MPR Pengganti Antar Waktu (PAW), yaitu Andi Yuliani Paris, Siti Sarwindah dan Firmansyah Mardanoes.

"Tugas di MPR telah menanti. Waktu untuk melaksanakan tugas juga tidak banyak hanya tersisa sekitar tiga tahun lagi," kata Zulkifli saat sambutan pada upacara pengucapan sumpah itu di Ruang Delegasi Nusantara V Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa.

Dalam acara ini Ketua MPR didampingi Wakil Ketua MPR E.E. Mangindaan dan Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad.

Andi Yuliani Paris adalah anggota MPR dari Fraksi PAN mewakili Dapil Sulawesi Selatan II menggantikan Andi Taufan Tiro yang diberhentikan dari PAN.

Sedangkan Siti Sarwindah dari Fraksi PAN mewakili Dapil Kepulauan Riau menggantikan Asman Abnur yang diangkat menjadi Menteri PAN dan RB, sedangkan Firmansyah Mardanus dari Fraksi PPP mewakili Dapil Kalimantan Barat menggantikan Usman Ja'far yang meninggal dunia.

Kepada tiga anggota PAW MPR, Ketua MPR Zulkifli mengucapkan selamat bergabung di MPR. Zulkifli mengajak tiga anggota PAW untuk bersama-sama menjadikan MPR sebagai pengawal dan penjaga konstitusi. "Dengan terus menerus melakukan sosialisasi Empat Pilar," ujarnya.

Empat Pilar itu adalah Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Zulkifli, selama 18 tahun reformasi memang telah banyak yang dicapai bangsa ini, tetapi di sisi lain, dalam kunjungan ke berbagai daerah, nilai-nilai kebangsaan mulai memudar.

Untuk itu, Zulkifli meminta ketiganya turut mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan hingga pelosok negeri.

"Tantangan kita semakin berat. Tugas telah menanti. Mari kita sosialisasikan Empat Pilar," ajak Zulkifli.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016