Bandung, 26 Oktober 1952 (Antara) -Gumilar, seorang pegawai salah satu penerbitan dan pemimpin sebuah madjalah anak2 di Bandung atas undangan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat bersama beberapa orang lainnja akan berangkat pada permulaan Nopember 1952 ke Amerika.

Menurut keterangannja, keberangkatannja itu dimufakati oleh Pemerintah Indonesia dan diperkuat oleh Duta Besar Amerika Serikat di Djakarta. Tentang maksud bepergiannja itu diterangkan, bahwa ia terutama ingin melihat kepanduan Amerika dari dekat.

Menurut rentjana, ia akan berada di Amerika selama 4 bulan dan dalam perdjalanan menudju Amerika ia akan singgah dulu di markas-besar kepanduan internasional di London.

Di Amerika erikat antara lain akan dikundjungo paberik mobil Ford di Detroi, Sekolah Rendah dan Menengah di Denver, pekampungan orang Indian di Santa Fe dan selandjutnja melihat2 Hollywood.

Selain itu djuga ia akan mendatangi tempat2 penerbitan dan paberik2 kertas.Selain Gumilar berangkat djuga dari Bandung Saleh seorang guru Sekolah Rakjat.

Menurut rentjana, mereka akan bertolak dari Kemajoran pada tg. 7 Nopember.

Sumber: Pusat Data dan Riset ANTARA //pdra.antaranews.com/Twitter: @perpusANTARA

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016